Saturday, June 21, 2008

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Tak terasa saya telah bercengkrama dengan Linux
selama 8 Tahun .. ternyata lebih lama dibanding bercengkrama dengan istri saya.
Pertama saya kenal linux dari pak Rusmanto di NurulFikri
sekitar akhir tahun 2000. Tahun itu juga saya mengenal Internet .. dan buat email pertama saya dengan nama rojulman di email yahoo.com. Sejak saat itu saya menggunakan trade mark rojulman untuk website dan email2 lain.
Waktu itu saya install RedHat 6.1 di mesin Pentium I, beberapa kali gagal ... dan yang muncul di screen monitor angka 9 berderet-deret.
Pada akhirnya dengan susah payah bisa juga terinstall.. Linux terinstall dengan modus text base .. Pelajaran berikutnya adalah mempelajari perintah shell di linux mulai dari buat file, copy file menggunakan editor VI (editor setia saya sampai saat ini), belajar kirim file lewat jaringan hingga program email di shell, waktu itu ikut kelas Bapak Dudi yang mengajar Linux Basic ...
Teknologi berkembang begitu pesat dengan lompatan2 yang melonjak-lonjak Linux yang dulu sangat susah diinstall sekarang dapat dikatakan mudah sekali (kalo ibarat naik sepeda ya lepas tangan lah ). Install dapat dikatakan seperti install windows "tinggal" next next .. aja .

Satu hal lagi yang Linux beda dengan windows adalah Distro Linux (vendor yang membundle linux dan paket aplikasi2) yang banyak. Kita bisa pilih Distro yang kita sukai seperti Fedora, Mandriva, Centos, Ubuntu , Suse dan Distro lainnya yang bermunculan bagai jamur di musim penghujan ...
Kalo saya pilihannya ya Fedora atau Mandriva, di Laptop saya pake mandriva di PC kantor saya pake Fedora, dan sepertinya ngak minat pada distro lain yang temen2 suka banggakan seperti Ubuntu atau Suse ..
Fedora atau Mandriva menurut saya adalah pilihan yang pas untuk programmer, selama coding dengan Java atau PHP saya merasa nyaman dengan environment Fedora atau Mandriva. Satu yang lagi pengen di oprek sih RedHat Enterprise (RHE 5) ..

Manfaat yang saya rasakan setelah menggunakan Linux yang pasti .. saya terbebas dari Virus (tidak pernah ngalamin yang harus install ulang karena virus yang sudah akut) .. bahkan jika ada virus di flashdisk saya, ngak perlu anti virus cukup colokin ke mesin linux cari virusnya (biasanya ektensinya exe) lalu dihapus .. so Linux jadi bermanfaat untuk membunuh virus windows juga loh.

Pengguna Linux seperti saya seperti orang yang ngikutin tren mode .. bayangin baru merasa nyaman dengan Fedora 8 .. eh muncul lagi Fedora 9 .. sepertinya jadi penyakit yang kepengen nyoba terus kehebatan versi baru distro .. kalo diikutin mungkin tiap tahun harus install ulang sampai 2 kali ... Akhirnya udah saya tetapkan upgrade distro tiap dua tahun sekali aja deh .. nanti kalo Fedora 10 muncul baru upgrade distro Fedora 8 nya.

sepertinya Makin kenal Linux makin sayang deh ...

1 comment:

KiriAbis said...

linux ya jul???
gwa dulu sempet ake lho
pertama dr warnet yang linux banget di daerah Tagnerang, trus langsung aja kompi pentium 2 ku aku instal linux dapet cd jg dr warnet itu
karena kerja disini pake windows udah gapake2 linux lagi semenjak 2003
pake linux lg sejak kenal dikau thn 2005 akhir itu juga kalo dirumah saja, hekekekek tapi tetep aja pake linux ga bisa2 kek!!
tapi sebenernya aku tuuh penganut faham opensource+isme
walo kadang2 sekarang suka belanja software juga pake PayPal, tapi udahannya menmu di warez jadi nyesel gittu belinya. jadi sekarang ga beli2 sopwer lagi.
sekarang aku pakenya fedo yang dikasih harun dulu.
hidup opensource+isme!!!!