Saturday, June 14, 2008

Uban

Uban adalah rambut putih dikepala ... yang biasanya ada menjelang usia tua ( walaupun ada yang masih muda sudah ubanan ... ini kasus khusus).
Tadi malam rosa putri pertama saya bantuin nyabutin uban ayahnya ..
" ayah yang dibelakang banyak nih ..." kata rosa sambil terus mencari rambut putih
Dulu waktu masih kecil inget banget ketika nyabut ubannya almarhum Bapak .. eyang nya rosa
setiap 1 helai rambut dihargai seribu perak ... itu salah satu kiat bapak agar anaknya mau nyabutin ubannya ..
Terlepas dari itu yang saya rasakan pada waktu itu adalah Bapak saya sudah tua juga yaaa dan ada rasa kedekatan yang lebih dengan Bapak ... bagaimana mungkin kita dapat memegang rambut atau kepala orang tua kita kalo tidak dalam saat momen seperti ini.
Dan sepertinya yang saya rasakan tadi malam ada rasa senang, dekat dengan anak, bisa merasakan bagaimana jari-jemari kecil coba mencabut uban .. dan ada rasa sedikit sakit ketika tercabut uban dikepala namun rasa senang-happy mendominasi hati saya karena kedekatan dengan putri sulung saya ... mungkin hal ini juga dirasakan oleh almarhum Bapak saya dulu ...

Satu hal lain yang saya rasakan dengan mencabut uban dibantu anak2 bisa melepaskan kepenatan hidup sebagai orang tua .. terlepas dari memikirkan masalah kantor, rumah, cicilan , asuransi, sekolah dan masalah hidup lainnya yang membutuhkan energi untuk menghadapinya ...
Kadang saya berpikir kalo tahu begini rasanya jadi orang tua ... enak jadi anak aja ....

Tapi hidup adalah pilihan ... menjadi orang tua adalah pilihan yang satu saat pasti dilalui oleh manusia yang ingin hidup paripurna ...

"Ayah udah dapet 5 nih " rosa memperlihatkan uban terakhir yang baru dicabutnya
"Oke ca .. lumayan buat beli kaos kaki yaaa " ..
"iya tapi baru dapet sebelah yah ... "
" ya udah cari 5 lagi ubannya .."

1 comment:

Unknown said...

Wah enak neh bisa dapet duit banyak nyabutin uban. Borongin ajah apa pak...baguslah ilmu itu mau aku pakai untuk keluargaku, istri boleh dong disuruh cabut uban...kalau istri mah satunya cepe...tekor dah