Thursday, April 15, 2010

C nomor satu Java turun ke dua

C telah kembali ke nomor satu setelah 4 tahun selalu berada dalam bayang-bayang Java. Dari hasil survey yang dikeluarkan oleh Index Pemrograman TIOBE ini sebenarnya skor C konstan sepanjang tahun berkisar 15% s/d 20%, hanya saja yang menyebabkan C menjadi nomor satu adalah karena skor Java tahun ini mengalami penurunan.

Dari website yang sama dikatakan, Indeks ini dapat digunakan untuk menguji apakah keterampilan dalam bahasa pemrograman yang kita miliki dapat dikatakan masih up to date atau dapat pula digunakan untuk membuat keputusan strategis tentang bahasa pemrograman apa yang harus diadopsi saat mulai membangun sebuah sistem software baru.

Berikut data hasil survey Index TIOBE:


Index Pemrograman TIOBE menampilkan Index hasil survey indikasi popularitas bahasa pemrograman. Indeks ini diperbarui sebulan sekali. Peringkat tersebut didasarkan pada jumlah insinyur ahli di seluruh dunia, program dan vendor pihak ketiga. Dalam menghitung peringkat digunakan Mesin pencari populer seperti Google, MSN, Yahoo, Wikipedia dan YouTube!.
Dari situsnya sendiri (TIOBE Index), dijelaskan Index ini bukan menyatakan bahasa pemrograman terbaik atau bahasa pemrograman yang sering ditulis oleh programmer.

Berikut 10 besar posisi Bahasa pemrograman selama 25 tahun terakhir:



Dari website ini juga ditampilkan data menarik dan memperlihatkan bahwa saat ini adalah eranya bahasa pemrograman yang berorientasi obyek. Berikut data hasil survey trend kategori bahasa pemrograman.



Sumber : www.tiobe.com

No comments: