Tuesday, February 09, 2010

Masa Depan MySQL setelah dibeli Oracle

MySQL adalah database yang banyak digunakan para developer di seluruh dunia, dari market share yang diambil pada tahun 2007, 25% menggunakan MySQL sebagai pilihan database dalam pengembangan aplikasi. Hasil riset yang dilakukan Evans Data Corporation, menunjukan pengguna database MySQL dikalangan developer ditahun 2007 sebanyak 40% naik dari tahun sebelumnya 32%.

MySQL lebih terkenal dikarenakan strategi bundle nya dengan paket Apache Web Server dan PHP, seperti aplikasi XAMPP. Berikut fakta yang didapat dari riset yang dilakukan EDC terhadap database MySQL :

1) MySQL diterima luas sejalan dengan bundling paket aplikasi yang dikenal dengan LAMP ( Linux Apache MySQL PHP/Perl )

2) Diantara pengembang di lingkungan organisasi berskala enterprise, 4 dari 10 organisasi menggunakan database open source

3) Lebih dari dua pertiga dari pengembang Open Source (69%) sangat puas dengan pilihan database Open Source di pasar saat ini

Bisa disimpulkan begitu cerahnya masa depan database Open Source, utamanya MySQL. Karenanya perusahaan besar seperti oracle dan sun microsystem berusaha membeli MySQL, Oracle sudah berusaha untuk membeli MySQL tahun 2007 sebesar $ 850 juta, namun yang terjadi di medio januari 2008 Sun MicroSystem membeli MySQL dengan harga sekita $ 1 Miliar. Dari pernyataan Marten Mickos, CEO, MySQL terucap "Kombinasi MySQL dan Sun mewakili kesempatan besar bagi pengguna dan organisasi dari berbagai ukuran yang mencari inovasi, pertumbuhan dan pilihan solusi".

Dengan pembelian database MySQL yang secara open source luas digunakan di semua sistem operasi utama, vendor hardware, geografi, industri dan berbagai jenis aplikasi. Produk yang saling melengkapi line-up akan memperluas jangkauan database MySQL dan diharapkan dapat membawa pasar baru bagi produk Sun Microsystem berupa virtualisasi, middleware, dan platform penyimpanan.

MYSQL terus dikembangkan dan versi / release-nya terus bertambah dan seiring berputarnya dunia bisnis yang terancam krisis yang berkepanjangan. Oracle sebuah perusahan besar yang memiliki produk database berskala enterprise yang notabene sebagai pesaing dengan database open source , secara mengejutkan pada 20 April 2009 meng-akuisisi Sun Microsystem senilai $ 7.4 miliar yang mengalahkan kandidat IBM yang memberi penawaran $ 7 miliar.

Dengan dibelinya Sun Microsystem sebagai pemilik Java, database MySQL, OpenOffice, NetBeans IDE dan teknologi virtualisasi ( VirtualBox), Oracle dapat menggabungkan atau menerapkan teknologinya atau bahkan mungkin mematikan. Beberapa peminat dan pengguna open source khawatir dengan masa depan MySQL dan OpenOffice.

Hingga muncul komentar dari creator dan pendiri MySQL "saya akan melalukan apa saja untuk mempertahankan MySQL tetap hidup" yang diucapkan Michael (Monty) Widenius yang dikenal juga dikalangan pengembang database open source. Memang agak tendensius, ada komentar toh Monty telah mendapatkan uang banyak dari pembelian MySQL oleh Sun MicroSystem. Namun muncul juga beberapa kekhawtiran seperti di website petisi untuk menyelamatkan MySQL. yang didalamnya mengusul 3 solusi untuk ditawarkan :

1) MySQL harus divestasi ke pihak ketiga yang cocok yang dapat terus berkembang di bawah GPL

2) Oracle harus berkomitmen untuk menghubungkan pengecualian untuk aplikasi yang menggunakan MySQL dengan library client (untuk semua bahasa pemrograman), untuk plugin dan libmysqld. Diharapkan MySQL itu sendiri tetap berlisensi di bawah GPL.

3) Oracle harus melepaskan semua masa lalu dan masa depan versi MySQL (sampai Desember 2012) di bawah Apache Software License 2.0 atau lisensi serupa sehingga pengembang aplikasi dan versi yang diturunkan memiliki fleksibilitas berkenaan dengan kode

Waktu juga yang akan memperlihatkan apakah kekhawatiran akan berubah menjadi kenyataan pahit atau bahkan manis bagi perkembangan MySQL. Saat ini semua mata peminat/pengamat database MySQL tertuju pada Raksasa database Oracle yang proprietary dimana ditangannya tergengam database MySQL yang berlisensi GNU GPL, mau dikemanakan database MySQL ?

1 comment:

agustri said...

jadinya mysql dibeli Oracle.
kemudian sun dibeli Oracle gitu pak?.


Salam,