Saturday, November 05, 2011

Yes It Is ..

Sejak awal tahun 2010 saya mulai intens ngoprek framework YII (Yes It Is), seperti biasa untuk belajar sesuatu yang baru dalam pemrograman agar cepat proses upgrade knowledge dari software ini tertanam di brainware kita adalah dengan membuat projek ( syukur syukur projek ada yang mendanai .. dan dapat profit ).

Ternyata framework Yii ini adalah memang framework yang saya cari .. untuk menggantikan framework Site Manager yang sejak dari tahun 2002 saya menggunakannya dan terbukti tangguh dengan beberapa proyek telah dihasilkan .. SiteManager menggunakan pola desain dua lapis - memisahkan logika dan template- sedangkan Yii menggunakan pola desain MVC - Model View Controller -.
Ada dua garis besar persamaan SiteManager dengan Yii yaitu sama-sama menggunakan OOP dan komponen base.

Model framework MVC untuk PHP memang banyak di internet .. dari sedikit riset saya mencoba prado, kemudian CakePHP, Zend Framework, CodeIgniter ... dan ternyata pilihan saya jatuh pada Yes It Is. Mengapa ? berikut alasan saya :
  1. MVC dan OOP
  2. Berbasis komponen
  3. Mudah instalasinya
  4. Memiliki Kode Generator
  5. Tersedia banyak resource ( tutorial, forum , blog)
  6. Tersedia komponen yang siap download dan siap pakai ( extensions)
  7. Dokumen API yang lengkap

No comments: