Monday, February 08, 2010

Mengejar Bis Kuning di kampus UI

Semenjak menjadi tetangga kampus UI saya jadi sering naik bis kuning lagi. Sempat merasakan nostalgia saat naik bis kuning ini, nostalgia mengingat jaman kuliah dahulu tahun 90-an.

Dulu biasanya saya berangkat kuliah kalo tidak bawa primaku, naik kereta ekonomi .. dari stasiun kalibata menuju kampus, kemudian naik bis kuning menuju MIPA, dulu favorit bisnya adalah nomor 10, waktu itu bis di UI ada dua yang besar dan yang kecil, yang kecil seperti metromini, bis nomor 10 adalah bis kuning besar yang lewat jalur Mesjid UI, FKM dan FMIPA. Jika jam-jam kuliah dimulai, dari jam 8 sampe jam 10 bis ini penuh, .. hingga bis miring kekiri oleh sesaknya penumpang yang bergantungan ... aku terjepit disela-sela dengan harap-harap cemas ngak telat masuk kelas ..

Sekarang bis kuning telah berubah.. bis kuning telah ber-AC dan kursi empuk melintang disetiap sisi bis.. untuk yang berdiri tersedia gelang-gelang pegangan seperti di bis di koridor BUSWAY .. pak sopirnya pun berdasi dan berjas rapi tidak kalah dengan sopir BUSWAY. Namun yang tetap sama adalah bis tetap sesak dengan penumpang di jam-jam sibuk masuk kuliah .. namun sekarang mereka didalam bis tidak merasakan panas lagi .. bisnya udah ber AC, tidak ada peluh keringat ..

Seperti pagi ini dari kejauhan saya lihat bis hampir tiba di depan kampus teknik .. saya berlari mengejar bis .. alhamdulillah kekejar ... dan gerahnya keringat berganti dengan kedinginan sejenak ketika sudah berada dalam bis ...

No comments: