Tuesday, July 15, 2008

Seri Tutorial Hibernate - Object Relational Persistence

Hibernate adalah suatu software yang menyediakan service query ke database dalam bentuk object atau relational yang persisten. Dengan hibernate kita dapat membuat class yang persisten mengikuti kaidah OOP seperti association, inheritance, polymorphism, composition dan collections. Hibernate menyediakan fitur query tersendiri yang dinamakan SQL extension (HQL) yang sama baiknya dengan SQL yang biasa digunakan atau dilakukan dengan object Criteria.

Hibernate telah mensupport ke berbagai vendor RDBMS seperti PostgreSQL, MySQL, DB2, Oracle dan SQL Server. Dan Saat ini banyak framework yang dapat diintegrasikan dengan Hibernate, misalnya Spring Framework, JSF Framework atau Tapestry Framework. Sementara disisi Server, Hibernate telah berjalan di JBoss Application Server, WebSphere Application Server, Sun Application Server.


Untuk memudahkan pengembangan aplikasi dengan menggunakan Hibernate, programmer dapat menggunakan Integrated Development Environment (IDE) seperti Eclipse dan NetBeans yang telah mensupport Hibernate.

Seri tutorial ini bisa dinikmati di http://rojulman.web.id, dalam seri tutorial ini kita akan belajar bagaimana menggunakan Hibernate mulai dari awal, Namun diasumsikan anda telah mengerti Pemrograman Java, JDK yang digunakan adalah versi 1.5 keatas dan Tools ANT 1.5 keatas juga telah terinstall dalam komputer anda.

Selamat Menikmati Tutorial

No comments: